FINAL PROJECT PERENCANAAN ARSITEKTUR 7


PERANCANGAN URBAN BERBASIS PADA GREEN MASJID DAN COMMUNITY ACTIVITIES CENTER

“ISLAMIC CENTER AL MUNAWARRAH KELURAHAN KRICAK YOGYAKARTA

TAHUN 2020

TAHUN KE 2035

TAHUN KE 2060


"Masjid membawa suasana dan nuansa yang berbeda saat kita berada di dekatnya. Setiap hari ratusan orang berdatangan dengan mengharap ridlo Allah SWT atas penunaian ibadahnya.(stefy prasasti anggraini )



PROJECT TITLE

ISLAMIC CENTER DENGAN PERTUMBUHAN ORGANIK

PROJECT OBJECTIVES

Mampu merancang dengan kompleksitas permasalahan yang tinggi secara sistematis dengan dilandasi kahian aspek tertentu. Aspek-aspeknya adalah kompleksitas fungsi (hybrid fuction), kompleksotas tematis (sustainble architecture, green architecture), kompleksitas tapak (perkotaaan dengan karaktek khusus).

METODE PERANCANGAN

PERMASALAHAN

Desain Islamic Center ditekankan pada pertumbuhan bangunan selama 10 25 50 tahun yang akan datang. Daerah Kelurahan Kricak mempunyai jumlah penduduk dengan kepadatan sedang yaitu kurang lebih 16.164 jiwa dengan luas lahan 82 Ha. (sumber HRC). Dengan menggunakan SNI 03-1733-2004 tentang Tata Cara Perencanaan Lingkungan Perumahan di Perkotaan Perencanaan Kota di dapatkan bahwa dengan kepadatan 197, 7 jiwa/ha termauk dalam kategori kepadatan sedang dengan kebutuhan rumah susun disarankan untuk pusat-pusat kegiatan kota dan kawasan tertentu. Dengan kepadatan pada tahun 2008 ini dapat diproyeksikan bahwa pada tahun 2019 kepadatan mencapai 19563 jiwa, tahun 2034 mencapai 25377 jiwa, tahun 2059 mencapai 39157 jiwa. Dengan kepadatan ynag diproyeksikan didapatkan kelurahan kricak pada tahun 2019 dengan jumlah kepadatan 238,57 jiwa/ha termasuk kepadatan tinggi. Tahun 2034 mencapai kepadatan 309,4 jiwa/ha termasuk kepadatan tinggi. Tahun 2059 mencapai kepadatan 477,52 jiwa/ha termasuk katergori sangat padat.

SOLUSI

Dari permasalahan didapatkan solusi untuk pembangunan Islamic Center harus menuju ke arah vertikal yaitu bertingkat. Dengan tidak mengurangi keberadaan ruang terbuka yang sangat di perlukan untuk perkembangan kota Kricak, desain ini menerapkan prinsip pelestariaan lingkungan dengan membuka ruang terbuka di setiap lantai bangunan.

PENDEKATAN DESAIN DENGAN ANALOGI ORGANIK

Arsitektur organik adalah sebuah filosofi arsitektur yang mempromosikan harmoni antara manusia dan alam tempat tinggal dunia melalui pendekatan desain begitu simpatik dan terintegrasi dengan baik dengan situs yang bangunan, perabotan, dan sekitarnya menjadi bagian dari sebuah kesatuan, komposisi yang saling berkaitan. (wikipedia)

Dari An Organik Arsitektur, 1939, oleh Frank Lloyd Wright:

"Jadi di sini aku berdiri di hadapan Anda berkhotbah arsitektur organik: mendeklarasikan arsitektur organik menjadi ideal dan modern begitu banyak pengajaran yang dibutuhkan jika kita ingin melihat seluruh kehidupan, dan sekarang melayani seluruh kehidupan, tidak memegang 'tradisi' esensial TRADISI yang besar. juga menghargai apapun bentuk prasangka baik kepada kita memperbaiki masa lalu, sekarang atau masa depan, tapi - alih-alih - meninggikan hukum sederhana akal sehat - atau super-rasa jika Anda lebih suka - terbentuk dengan cara menentukan sifat bahan ... "(http://architecture.about.com/od/periodsstyles/g/organic.htm
)











Comments

  1. wah bagus stef,,,
    tp saran untuk konsep area terbuka nya perlu diolah lg... mungkin bisa dimanfaatkan untuk sarana interaksi sebagai bentuk silahturahmi. dan kalo bisa untuk 60 tahun kedepan masih bisa dipertahankan area terbukanya.

    ReplyDelete
  2. terima kasih mbak IIN, terima kasih sarannya semoga ke depannya dapat dikembangkan

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular Posts