Arsitek Kelana Butuh "Istirahat"

Jakarta, 18 Mei 2012

Apa makna Hari Libur untuk anda?

Kalau menurut Wikipedia hari libur adalah

" Hari libur atau liburan adalah suatau masa di mana orang-orang meluangkan waktu yang bebas dari pekerjaan atau dunia persekolahan. (www.id.wikipedia.org/wiki/Hari_libur)

Kalau untuk saya sebagai Arsitek, Hari Libur adalah sebuah proses pengembangan kreatifitas dan pengembangan jejaring sosial kita. Banyak hal yang harus kita lakukan di dunia ini, tidak hanya bekerja coy. Kita juga perlu bersosial. Saya sebagai seorang Arsitek Kelana tahu betul bagaimana rasanya mendapatkan libur. Karena, sebagai seorang Arsitek banyak yang merasa waktu sebagai Arsitek itu hanya dihabiskan untuk bekerja karena ya biasalah klien dan banyak orang menganggap bahwa Arsitek itu " Gila Kerja". Namun, saya menolak itu, sejak kuliah di jurusan Arsitektur saya menerapkan disiplin waktu untuk saya. Saya mengaturnya agar waktu saya bisa seimbang antara kegiatan rohani dan jasmani. 

Mari kita membahasnya lebih lanjut ,


Contohnya :
Kasus 1 , saya akan menggunakan waktu yang sebaik-baiknya waktu kuliah untuk kuliah tidak untuk bermain-main. Setelah kuliah adalah waktu untuk bersosial dengan kawan, tetangga, dan keluarga. Saat pagi subuh adalah waktu saya mengerjakan kegiatan belajar saya. Saya terbiasa belajar di pagi subuh antara jam 2 pagi sampai jam 7 pagi. Karena menurut saya itu waktu dimana otak kita fresh kosong sehingga kalau belajar pasti masuknya hehe.Ya...bukannya sombong tapi ya lumayanlah IPK saya 3, banyak hehe alhamdulillah. Jujur saya bukan tipe pelajar yang giat belajar. Waktu saya lebih banyak belajar di luar dari pada di dalam kamar. Karena ilmu yang saya pelajari lebih banyak menggunakan kreatifitas So, mengembangkan kreatifitas itu penting. 

Kesimpulan : atur waktu anda sebaik-baiknya, perkirakan kecepatan anda dalam menyelesaikan tugas-tugas dikampus dan jangan lupa bersosial ya. Karena itu pengting juga. 

Kasus 2. saya selalu menggunakan waktu sabtu dan minggu untuk keluarga, kawan, atau tetangga. Karena ini penting lo. Kadang perlu diteliti kenapa banyak orang menghabiskan waktu hari sabtu dan minggunya untuk pekerjaan, jangan-jangan dia ada masalah dengan keluarganya. Heeehehe ini hanya spekulas pribadi saya, saya tahu kawan-kawan ini adalah orang yang mencintai keluarga. Intinya selesaikan pekerjaan anda sampai hari kerja anda. Jangan lebih ya, gunakan waktu semaksimal mungkin ya. 

Kesimpulan : Tuntaskan kerja anda 5 hari jam kerja aja ya atau paling tidak satu minggu ada 2 hari untuk keluarga ya. 

Saya Sebagai Arsitek Kelana tahu bahwa ini tidak mudah, tetapi cobalah pelan-pelan. Jangan sampai kita menyesal di kemudian hari ya hanya karena kita tidak punya waktu untuk keluarga dan teman eh tiba-tiba saudara atau keluarga atau kawan yang kita kasihi pergi meninggalkan kita. Dan kita tidak ada waktu lagi untuk bercengkraman lagi. Naudzubilllahimindzalik.. Semoga Allah SWT selalu memudahkan kita ya, amin.

Arsitek Kelana "Ayo Liburan"!
Salam Arsitek.




Comments

Popular Posts