' SEEKING THE PROJECT '





' SEEKING THE PROJECT '

Sumber : Materi Kuliah Praktek Profesional (Jur-Arsitektur UII) 17 April 2009
Dosen : Ir. Handoyotomo, MSA
Ditulis ulang oleh : Stefy Prasasti Anggraini


Saya sangat menyukai mata kuliah ini karena banyak cerita tentang pengalaman Bapak Dosen saya ini yang membuat saya kagum. Emmm...sebagai calon Arsitek, tentu mendengar cerita-cerita tentang pengalaman mendapatkan project adalah sesuatu yang menggugah semangat saya. Dalam tulisan saya ini, saya ingin membagi ilmu yang saya dapat pada kuliah hari Jumat siang ini. Siang ini topiknya sangat menarik “SEEKING THE PROJECT”,ada beberapa tahapan 'to get the project', antara lain sebagai berikut ;

Lead Finding

Tahapan ini, merupakan gerbang awal yang untuk mendapatkan sebuah project. Sebenarnya project itu sangat dekat kita, asal kita tanggap terhadap lingkungan kita.
● dengan menambah teman dengan menjadi anggota klub tertentu
● karya desain kita pernah dimuat atau memenangkan lomba/sayembara
● berkomunikasi dan punya komunitas penyuka hobby tertentu dapat lewat internet atau lewat tatap muka

Screening (memilih)
Tahapan ini adalah tahapan kita menyelaraskan karakter pekerjaan dengan kamampuan dan ketrampilan yang kita miliki. Dengan mempertimbangkan kemampuan kita, maka kepercayaan diri dan rasa optimis akan tumbuh dan akan membatu pada proses selanjutnya.

Go/ No Go Decission
Tahapan ini merupakan tahapan penentuan kita akan meneruskan project atau tidak. Tahapan ini telah diputuskan berdasarkan pertimbangan-pertimbangan dapat berupa;
● dana (uang),
● waktu
● man power ( tenaga ahli)
Pada tahapan ini pula kita menentukan nantinya project ini akan dikerjakan oleh kita sendiri secarang langsung atau in sourcing ataukah yang mengerjakan orang lain nantinya kita hanya akan mengumpulkannya atau yang disebut out sourcing.

Expression of Interest
Tahapan ini tahapan membangun sesuatu yang nantinya membuat kejutan pada klien, membangun hubungan yang baik dengan klien.

Strategy Development
Tahapan ini menyangkut bagaimana mencari strategi yang tepat untuk mengatur biaya yang akan dipakai, sampai mana mengatur sumber daya, dan langkah operasional apa yang akan digunakan. Semua ini harus dipikirkan dengan tepat.

Courting
Tahapan ini diharapkan kita dapat membuat suasana dalam tim nyaman, membuta topik yang menyenangkan untuk berdiskusi dan tentu saat presentasi harus maksimal. Kerahkan semua kemampuan kita. Kesan pertama pada saat presentasi akan mempengaruhi persepsi klien selanjutnya, sehingga presentasilah yang menyenangkan.

Proposal
Sebuah proposal harus dinyatakn dengan jelas dan harus mudah dimengerti oleh klien.

Presentation
Presentasi sangat penting untuk kelanjutan project ini diterima tidaknya project, presentasi sangat mempengaruhi. Sehingga dari dini kita mesti banyak belajar bicara di depan umum. Dapat dikatakan mungkin presentasi ini seperti ujian pendadaran untuk kelulusan. Dalam hal ini yang terpenting adalah kepercayaan diri dan optimistis dalam berbicara.

Closing
Tahapan ini dapat meliputi sebuah negosiasi, dan meliputi tahan selanjutnya melanjutkan project yang telah didapatkan.

Debriefing (if you are the winner)
Tahapan ini kita bertanya apakah yang mereka suka dari kita ?. Dengan mengetahuinya akan memberikan gambaran tentang kedepannya dengan mengasah kemampuan kita lebih dalam.

Semoga ilmu ini dapat memberikan gambaran dan langkah-langkah yang baik untuk mendapatkan sebuah project bagi para calon Arsitek.

SEMANGAT!!!
CHAYO!!
GANBATTE!!

Comments

Popular Posts